Pengertian Identitas Nasional dan Unsur – Unsurnya

Pengertian identitas nasional dan unsur – unsurnya – Pengertian identitas nasional ini jika dilihat secara sederhananya adalah suatu jati diri yang jadi ciri – ciri khas suatu bangsa. Jati diri tersebut sifatnya sangat khas, yang artinya tak akan pernah dimiliki oleh bangsa lain yang ada di belahan dunia mana pun. Yang mana dalam hal tersebut, jati diri tak akan mengacu kepada individu saja, akan tetapi juga ada kaitannya dengan suatu kelompok atau pun organisasi tertentu. Jati diri harus dimiliki oleh setiap bangsa. Nah, jika Anda ingin tahu pengertian identitas nasional dan unsur – unsurnya, mari simak beberapa ulasan berikut ini.

Pengertian Identitas Nasional dan Unsur – Unsurnya

Identitas nasional seharusnya diartikan secara terpisah untuk bisa mendapat pemahaman secara menyeluruh. Identitas ini asalnya dari kata identitu yang memiliki arti sebagai tanda – tanda, ciri – ciri, atau pun jati diri yang telah melekat pada diri seseorang. Oleh sebab itulah, identitasnya nanti akan berbeda – beda dengan orang lain. Sementara itu kata nasional sendiri merujuk kepada suatu hal yang menyeluruh di dalam sebuah kelompok yang lebih besar lagi. Kelompok – kelompok yang lebih besar ini diikat oleh beberapa kesamaan, baik itu secara fisik atau pun non fisik, seperti budaya, agama, bahasa, dan cita – cita. Himpunan kelompok tersebut kemudian akan mempunyai satu identitas bersama yang disebut identitas nasional.

Seorang ahli juga memberi pengertian mengenai identitas nasional sebagai kumpulan nilai – nilai budaya yang telah berkembang secara terus menerus dan tumbuh dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberagamaan suku serta budaya ini telah dihimpun di dalam satu wadah maupun satu kesatuan bernama Indonesia, sehingga jadi sebuah kebudayaan nasional yang telah mengacu kepada landasan Negara pancasila dan bhinneka tunggal ika. Identitas nasional tak muncul begitu saja di dalam diri individu atau pun kelompok. Proses untuk pahami hati diri bangsa tersebut didapat secara bertahap lewat pemahaman individu atau pun kelompok atas bangsanya sendiri – sendiri. Sikap mengenal bangsa sendiri nanti akan tumbuhkan rasa cinta tahan air.

Unsur – unsur identitas nasional bangsa Indonesia telah dibentuk di dalam beberapa hal, yakni suku, kebudayaan, agama, dan juga bahasa. Indonesia mempunyai banyak suku bangsa yang nantinya akan bentuk suatu identitas nasional. Perbedaan suku bangsa seharusnya dapat diselesaikan dengan sangat bijak, supaya jadi sebuah identitas bersama. Kebudayaan Indonesia juga terdiri atas berbagai budaya yang unik dan juga filosofi. Keragaman budaya yang satu ini juga dijadikan sebagai identitas nasional. Masyarakat Indonesia sangatlah majemuk memang rentan sekali akan konflik antar suku yang nantinya akan memcahkan persatuan bangsa. Hal yang demikian ini sebetulnya dapat dicegah dengan cara memahami pengertian identitas nasional itu sendiri. Pancasila serta semboyan bhinneka tunggal ika merupakan landasan dasar yang wajib dimiliki setiap warga Negara Indonesia.

Selain hal itu, identitas nasional hakikatnya telah tercermin di dalam faslsafah Negara. Yang mana dalam menerapkannya, diperlukan pembiasaan yang wajib dibiasaan sejak dini. Semakin seseorang kenal bangsanya, maka pengertian identitas nasional yang nantinya akan tertanam dengan sangat baik di dalam diri seseorang. Nilai – nilai budaya yang beragam pun juga seharusnya bisa dipahami sebagai wujud identitas bangsa Indonesia majemuk.

Demikianlah pengertian identitas nasional dan unsur – unsurnya yang bisa kami bagikan. Semoga saja manfaat.