Pengertian Liberalisme Dan Ciri – Cirinya

Pengertian liberalisme dan ciri – cirinya – Di era kehidupan modern yang berkembang seperti sekarang ini, kita memang akan sering mendengar istilah hidup modern di tengah modernitas. Paham ini memang sebuah paham baru sebenarnya untuk warga timur seperti Indonesia. Paham yang seperti ini dikenal dengan istilah liberalisme.

Negara pertama yang menganut dan mengagung – agungkan dengan yang namanya liberalisme adalah Amerika Serikat. Untuk bisa menularkan paham liberalisme ke negara yang lain, Amerika Serikat juga bahkan rela menggelontorkan dana perang yang jumlahnya tidak sedikit. Dan kabarnya, dalam beberapa waktu terakhir ini kehidupan ala warga timur Indonesia terkontaminasi dengan budaya liberalisme yang dibawa oleh Amerika Serikat. Benarkah? Lantas apa sebenarnya pengertian liberalisme dan bagaimana ciri – cirinya? Mari kita bahas dalam uraian di bawah ini tentang pengertian liberalisme dan ciri – cirinya.

Pengertian Liberalisme Dan Ciri – Cirinya

Liberalisme berasal dari kata liberal yang artinya bebas dan ditambahi imbuhan isme yang artinya faktor – faktor. Jika kita artikan dari asal katanya, liberalisme adalah faktor – faktor yang menciptakan suatu kebebasan. Sementara menurut Wikipedia, pengertian liberalisme adalah suatu ideologi, pandangan filsafat, dan juga tradisi politik yang didasarkan pada suatu pemahaman bahwa kebebasan dan juga persamaan hak adalah suatu nilai politik yang paling utama.

Liberalisme juga dapat diartikan sebagai sebuah paham atau ideologi yang menitikberatkan kebebasan dan kesetaraan hak sebagai landasan utama didalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Masyarakat yang terbaik (rezim terbaik) menurut paham yang menganut konsep liberalisme adalah mereka yang memungkinkan bagi individu untuk bisa mengembangkan kemampuan individu sepenuhnya. Dalam masyarakat yang baik nanti semua individu perlu bisa mengembangkan semua pikiran dan bakat yang terpendam didalam dirinya. Hal ini juga kemudian mengharuskan para individu untuk bisa melakukan sesuatu untuknya atau seseorang untuk bisa mengatakan apa yang seharusnya dilakukan.

Liberalisme memiliki ciri – ciri diantaranya sebagai berikut :

  • Demokrasi liberalisme merupakan suatu bentuk pemerintahan yang lebih baik.
  • Anggota masyarakat juga memiliki kebebasan intelektual secara penuh, termasuk juga kebebasan berbicara, kebebasan beragama dan kebebasan pers.
  • Pemerintah hanya mengatur kehidupan bermasyarakat secara terbatas. Keputusan yang nantinya dibuat hanya sedikit untuk rakyat sehingga rakyat juga akan bisa belajar dalam membuat sebuah keputusan diri sendiri.
  • Kekuasaan dari seseorang atas orang lain merupakan suatu hal yang buruk menurut paham liberalisme.
  • Semua masyarakat dikatakan bisa menjadi masyarakat yang bahagia jika setiap individu atau sebagian terbesar individu berbahagia.
  • Hak – hak tertentu yang tidak dapat dipindahkan dan juga tidak dapat dilanggar oleh kekuasaan yang manapun.

Ideologi liberalisme terbentuk atas ajaran liberalisme ortodoks yang mewarnai pemikiran para The Founding Father Amerika seperti George Wyte, Patrick Henry, Benjamin Franklin, atau juga Thomas Jefferson.

Beberapa negara di Benua Amerika yang menganut paham ideologi liberalisme Amerika Serikat, Argentina, Bolivia, Brazil, Cili, Cuba, Kolombia, Ekuador, Honduras, Kanada, Meksiko, Nikaragua, Panama, Peru, Paraguay, Uruguay dan juga Venezuela. Kini, kurang lebih liberalisme juga dianut oleh negara Aruba, Bahamas, Republik Dominika, Greenland, Grenada, Kosta Rika, Puerto Rico dan juga Suriname. Selain itu juga masih ada beberapa negara lain yang juga menganut paham liberalisme ini.

Demikian sedikit informasinya untuk Anda tentang pengertian liberalisme dan ciri – cirinya. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.